Zona Integritas

.

Assalammualaikum Wr. WB.

Pengadilan Negeri Kayu Agung merupakan pengadilan tingkat pertama di bawah Pengadilan Tinggi Palembang. Pengadilan Negeri Kayu Agung dituntut untuk menyediakan pelayanan standar peradilan yang bermutu, yaitu pelayanan yang mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan pengguna pengadilan. Untuk itu pada tahun 2018 Pengadilan Negeri Kayu Agung kembali berpartisipasi pada program Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri dengan Tim Assessor dari tingkat banding yaitu Pengadilan Tinggi Palembang.

Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan merupakan sebuah program yang digalangkan oleh Mahkamah Agung untuk mewujudkan Performa/Kinerja Peradilan Indonesia yang Unggul/Prima. Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Badan Peradilan di bawahnya senantiasa berupaya membangun citra positif peradilan melalui berbagai kebijakan pembaruan untuk mewujudkan pengadilan yang agung.

Kebijakan ini sebagaimana tertuang dalam dokumen Perencanaan Jangka Panjang Badan Peradilan Indonesia, yang dinamakan Cetak Biru (Blue Print) Pembaruan Peradilan Indonesia 2010-2035.

Pada tahun 2017 Pengadilan Negeri Kayu Agung sudah berpartisipasi pada program ini dan mendapatkan Predikat B. Dan pada tahun 2018 Pengadilan Negeri Kayu Agung berhasil meraih Akreditasi Penjaminan Mutu dengan Predikat “A (Excellent)”. Peningkatan capaian ini  didapat dari kerjasama, kerja keras dan kerja cerdas dari semua stakeholder, dengan membawa semangat perubahan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Semangat perubahan ditanamkan oleh pimpinan agar selalu melekat dan menjadi budaya pada setiap pegawai sehingga kinerja yang sudah dicapai dapat selalu dipertahankan bahkan untuk ditingkatkan.

Pada tahun 2019 ini, Pengadilan Negeri Kayu Agung kembali ikut program yang digagas oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yaitu Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Berdasarkan hal tersebut Pengadilan Negeri Kayu Agung sudah membentuk Tim Kerja dan Rencana Aksi/Rencana Kerja yang tertuang dalam SK Ketua Pengadilan Negeri Kayu Agung.

Segenap Pimpinan Pengadilan Negeri Kayu Agung beserta jajaran berkomitmen penuh untuk membangun Kawasan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani sehingga praktek-praktek suap, pungli dan gratifikasi dapat benar-benar hilang. Terima Kasih.

 Dokumen Zona Integritas Pengadilan Negeri Kayu Agung dapat dilihat pada link di bawah ini :

1. Area I - Manajemen Perubahan

2. Area II - Penataan Tata Laksana

3. Area III - Penataan Sistem Manajemen SDM

4. Area IV - Penguatan Akuntabilitas Kinerja

5. Area V - Penguatan Pengawasan

6. Area VI - Penguatan Kualitas Pelayanan Publik

KOMPONEN HASIL