Pengaduan

TATA CARA PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI DI PENGADILAN NEGERI KAYUAGUNG

Ditulis oleh Tim IT PN Kayuagung.

TATA CARA PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN  YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

DI PENGADILAN NEGERI KAYUAGUNG

 

Pengadilan Negeri Kayuagung adalah Pengadilan Negeri yang memiliki Visi Untuk Terwujudnya Pengadilan Negeri Kayuagung Yang Agung. Mengingat bahwa sebagai manusia biasa dalam memberikan pelayanan kepada public bisa saja menimbulkan ketidakpuasan, keluhan, dan tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh masyarakat atas sikap, ucapan dan/atau perbuatan yang dilakukan oleh seorang Hakim atau Pegawai Aparatur Sipil Negara di Pengadilan Negeri Kayuagung yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kode etik dan pedoman perilaku, serta petunjuk atau pedoman pelaksanaan tugas atas pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Negeri Kayuagung. Namun demikian atas ketidakpuasan pelayanan tersebut Pengadilan Negeri Kayuagung memfasilitasi pengaduan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Hakim maupun Pegawai Pengadilan Negeri Kayuagung guna peningkatan pelayanan di Pengadilan Negeri Kayuagung.

Dasar Hukum :

Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Wistleblowing System) Di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Di Bawahnya

Pengertian

1.       Pelanggaran adalah sikap, ucapan dan/atau perbuatan yang dilakukan oleh seorang hakim atau Pegawai AParatur Sipil Negara di lingkungan badan peradilan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kode etik dan pedoman perilaku, serta petunjuk atau pedoman pelaksanaan tugas

2.       Penanganan Pengaduan adalah proses kegiatan yang meliputi penerimaan, pencatatan, penelaahan, penyaluran, konfirmasi, klarifikasi, penelitian, pemeriksaan, pelaporan, tindak lanjut, dan pengarsipan.

Yang Berhak Mengadukan/ Pelapor dan/atau Whistleblower:

1.       Pegawai Aparatur Sipil Negara

2.       Hakim

3.       Masyarakat

 

Pengaduan Pada Pengadilan Negeri Kayuagung Dapat Disampaikan Melalui :

1.       Aplikasi SIWAS MA-RI pada Situs Mahkamah Agung

2.       Surat elektronik (e-mail): Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.       Telepon/Faxsimile (0712) 323884

4.       Meja Pengaduan : Pada Kantor Pengadilan Negeri Kayu Agung, Jalan Letnan Muchtar Saleh

 No. 119

5.       Surat dikirim ke alamat : Pengadilan Negeri Kayuagung, Jalan Letnan Muchtar Saleh No. 119

6.       Kotak Pengaduan : Tersedia di Pengadilan Negeri Kayuagung, Jalan Letnan Muchtar Saleh No. 119

Tatacara Menyampaikan Aduan:

1.       Secara Lisan

1)      Menghubungi Nomor Telepon/Fax Pengadilan Negeri Kayuagung (0712) 323884 pada Jam Kerja Jam 8.00 WIB s/d 16.30 WIB, atau Email Pengadilan Negeri Kayuagung : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.,

2)      Datang langsung Ke Pengadilan Negeri Kayuagung Jalan Letnan Muchtar Saleh No. 119,

Dalam hal pelapor datang langsung ke Pengadilan Negeri Kayuagung, hal-hal yang harus dilakukan adalah :

a.       Pelapor datang menghadap sendiri ke meja Pengaduan, dengan menunjukkan identitas diri

b.      Petugas meja Pengaduan memasukkan laporan Pengaduan ke dalam Aplikasi SIWAS MA-RI

c.       Petugas meja Pengaduan memberikan nomor register pengaduan kepada Pelapor guna memonitor tindak lanjut penanganan pengaduan.

2.       Secara Tertulis maupun elektronik, pengaduan harus memuat :

1)      Identitas Pelapor

2)      Identitas Terlapor jelas

3)      Perbuatan yang diduga dilanggar harus dilengkapi dengan waktu dan tempat kejadian, alasan penyampaian pengaduan, bagaimana pelanggaran itu terjadi

4)      Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan

3.       Hak-Hak  Pelapor :

1.       Mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitasnya

2.       Mendapatkan kesempatan untuk dapat memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun

3.       Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan/pengaduan yang didaftarkannya

4.       Mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan terlapor dalam pemeriksaan

5.       Mengajukan bukti untuk memperkuat pengaduannya; dan mendapatkan Berita Acara Pemeriksaan dirinya

4.       Hak-Hak Terlapor :

1.       Membuktikan bahwa ia tidak bersalah dengan mengajukan saksi dan alat bukti lain

2.       Mendapatkan kesempatan untuk dapat memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun

3.       Mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan pelapor dalam pemeriksaan

4.       Meminta Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya

5.       Mendapatkan surat keterangan yang menyatakan bahwa pengaduan atas dirinya tidak terbukti

               

 

Prosedur Pengaduan Dugaan Pelanggaran

Ditulis oleh Team IT PN Kag.

Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009, berikut dijelaskan tentang Syarat dan Tata Cara Penyampaian Pengaduan

Disampaikan secara Tertulis

  1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh Pelapor;
  2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi Mahkamah Agung. Meskipun demikian, pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusus tersebut tetap akan diterima dan dapat ditindaklanjuti;
  3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugas di Mahkamah Agung atau Pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan Pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.

Menyebutkan Informas yang jelas

  1. Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, Pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi mengenai :
      • Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau pengadilan tempat Terlapor bertugas;
      • Perbuatan yang dilaporkan;
      • Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara; dan
      • Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan Pelapor.
  2. Pelapor sedapat mungkin diharuskan Untuk mencantumkan identitasnya. Namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitas akan tetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.

Tata Cara Pengiriman

  1. Pengaduan ditujukan kepada:
      • Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding di mana Terlapor bertugas; atau
      • Ketua Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketu Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan.
  2. Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan deng menuliskan kata "PENGADUAN pada Pengadilan" pada bagian kiri atas muka amplop tersebut

 

 

Alamat Pengiriman Pengaduan

  1. Mahkamah Agung Republik Indonesia
    Jalan Medan Merdeka Utara No. 9-13, Telp. (021) 3843348,3810350,3457661 Jakarta Pusat 10110

  2. Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia
    Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Cempaka Putih Timur Telp. (021) 29079177, 29079274 Jakarta Pusat 13011.

  3. Pengadilan Tinggi Palembang
    Jalan Jenderal Sudirman KM 3,5 Palembang Telp. (0711) 352900, 311666 Fax. (0711) 311666

  4. Pengadilan Negeri Palembang
    Jalan Kapten A.Rivai No.16 Palembang 30129 Telp. (0711) 363310, 313555, 350803, fax. (0711) 350803

  5. Pengadilan Negeri Kayuagung
    Jl. Letnan Muchtar Saleh No. 119 Kayu Agung, Sumatera Selatan 30611 Telp/Fax. : (0712) 323884

  6. Pengadilan Negeri Sekayu
    Jl. Merdeka No. 485 Lingkungan VII, Sekayu Sumatera Selatan 30711 Telp : (0714) 321281, 321020

  7. Pengadilan Negeri Baturaja
    Jl. H.S. Simanjuntak No. 792 Baturaja, Sumatera Selatan 32115 Telp : (0792) 320016, 320212

  8. Pengadilan Negeri Muaraenim
    Jl. Jend. Achmad Yani No. 17A Muara Enim, Sumatera Selatan 31311 Telp : (0734) 421194

  9. Pengadilan Negeri Lahat
    Jl. Kol. Barlian Bandar Jaya Lahat, Sumatera Selatan 31414 Telp : (0731) 321714

  10. Pengadilan Negeri Prabumulih
    Jalan Jenderal Sudirman KM. 12 Prabumulih Telp/Fax : (0713) 321292

  11. Pengadilan Negeri Pagaralam
    Komplek Perkantoran Gunung Gare Telp/Fax (0730) 621361

E - COURT MAHKAMAH AGUNG RI

PEMBERIAN BANTUAN HUKUM

http://pn-pangkalanbun.go.id/baru/media/content/posbakum02.png